MENUJU 17 APRIL 2019, BAWASLU PAPUA GELAR APEL SIAGA

Administrator | Senin, 13 Maret 2019 - 09:37:25 WIB
MENUJU 17 APRIL 2019, BAWASLU PAPUA GELAR APEL SIAGA

Jayapura, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Provinsi Papua menggelar apel siaga dalam rangka pengawasan pungut hitung Pemilu Serentak. Apel yang berlangsung di halaman kantor Bawaslu Papua yang baru (ex hotel Muspagco) di kawasan Entrop Kota Jayapura, Jumat (15/3) sore, dipimpin langsung oleh Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar. Apel ini dihadiri oleh para anggota Bawaslu dari 29 kabupaten kota di Papua. Menarik, karena untuk pertama kalinya apel pengawasan dihadiri oleh perwakilan anggota Bawaslu dari seluruh Provinsi di Indonesia. 

Ketua Bawaslu Papua, Metusalak Infandi dalam sambutannya menyatakan, kegiatan apel ini dalam rangka mempersiapkan diri untuk mengawal proses pungut hitung pemilu 2019 di Papua. 

Ini akan menjadi tanggung jawab besar untuk kita semua terutama Bawaslu dan juga KPU baik Provinsi dan kabupaten kota di Papua. Sebab sangat disadari bahwa peran pengawasan pemilu tidak akan berhasil,  jika tidak ada kesiapan dari pengawas pemilu (bawaslu) yang mengawasi setiap tahapan khususunya saat proses pungut hitung pada 17 april 2019 mendatang," katanya. 

Menurutnya, dalam menjalankan tugas pengawasan tentunya tidak mudah untuk bagaimana memastikan semua tahapan tersebut dapat berjalan dengan baik.  Oleh karenanya sudah menjadi tanggung Bawaslu untuk kemudian bersinergi dengan KPU sebagai penyelenggara tekhnis pemilu

"Apel ini juga sebagai persiapan pengawasan, bagaimana mengukur kesiapan bawaslu dalam pemilu mulai tingkat provinsi hingga kabupaten kota," tegasnya.

Lanjut ujarnya, sinergitas antara bawaslu dan KPU, pemerintah daerah serta TNI Polri sangat dibutuhkan dalam rangka mensukseskan pemilu serentak 2019 di Papua dimana akan digelar bersamaan Pemilihan Presiden, Legislatif dan DPD

Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar dalam amanahnya meminta semua anggota Bawaslu mempersiapkan diri dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan ini.

"Masa  kampanye akan segera meningkat, masa pendistribusian logistik pemilu akan tiba, dan hari pemungutan suara akan segera tiba. Apa yang telah dilakukan selama ini akan semakin diuji. Kalau selama ini mungkin diangggap tidak ada tekanan, maka akan ada tekanan datang lebih  besar. Oleh karenanya solidaritas sesama anggota bawaslu penting," pesannya.

Apel siaga Bawaslu ini diikuti oleh anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar SH LLM Ph.D, Musa Isir mewakili Gubernur Papua, unsur Forkopimda Papua, Ketua dan anggota Bawaslu Papua, Ketua dan anggota Bawaslu dari 29 kabupaten/kota se-Papua, Kepala Sekretariat dan BPP Bawaslu kabupaten/kota se-Papua, anggota MRP serta para tamu undangan lainnya. (RTM)